Kementerian PUPR Dukung Program Perumahan di Perbatasan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendukung program perumahan di wilayah perbatasan Indonesia sebagai upaya dalam pemerataan pembangunan.
0
0

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendukung program perumahan di wilayah perbatasan Indonesia sebagai upaya dalam pemerataan pembangunan. Salah satunya seperti di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, untuk mendukung kemajuan dan pengembangan daerah yang berbatasan dengan Australia.

Sejumlah program perumahan seperti rumah khusus (Rusus) dan rumah susun (Rusun) sudah disalurkan Kementerian PUPR di daerah perbatasan tersebut.

“Kami mendorong pelaksanaan pembangunan hunian vertikal sehingga pemanfaatan lahan bisa lebih efektif. Rusun yang dibangun berada di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Saumlaki sebanyak satu tower dengan 44 unit hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid saat menerima audiensi Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, di Jakarta, Selasa, 14 September 2021.

Data Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, berbagai program perumahan telah dilaksanakan di daerah tersebut sejak tahun 2015, antara lain pembangunan sebanyak 164 unit rusus, 1.953 unit rumah swadaya, serta satu tower rumah susun.

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon menyampaikan apresiasi atas bantuan perumahan yang disalurkan Kementerian PUPR untuk masyarakat di wilayahnya. Petrus menjelaskan, daerahnya yang terdiri dari kepulauan membutuhkan dukungan penyediaan infrastruktur dari pemerintah pusat.

Terkait pembangunan rusun, kata Petrus, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan menggunakannya untuk kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Maluku sebagai tempat akomodasi para peserta kegiatan tersebut.

“Kami siap berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pemanfaatan rusun ini dan pembangunan infrastruktur dan perumahan sangat membantu kami sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi tahun depan,” terangnya. (BRN)

EnglishIndonesian