PUPR Salurkan PSU di Provinsi Aceh

Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi oleh pengembang perumahan. Salah satunya melalui penyaluran bantuan PSU perumahan untuk pembangunan jalan lingkungan yang baik.
0
127

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi oleh pengembang perumahan. Salah satunya melalui penyaluran bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) perumahan untuk pembangunan jalan lingkungan yang baik.

“Salah satu upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan pembangunan rumah bersubsidi adalah dengan menyalurkan bantuan PSU,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Rabu, 7 Juli 2021.

Khalawi menerangkan, pelaksanaan penyaluran bantuan PSU tersebar di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya, imbuh Khalawi, pihaknya menugaskan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) yang ada di sejumlah provinsi untuk berkoordinasi dengan para pengembang dan pemerintah daerah setempat.

Bantuan PSU ini sebagai stimulan bagi pengembang agar lebih bersemangat membangun rumah bersubsidi di masa pandemi ini. Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membeli rumah bersubsidi juga akan menikmati hasil pembangunan bisa berupa jalan lingkungan yang baik serta utilitas penunjang lainnya.

“Meskipun rumah bersubsidi tapi kualitas jalannya tertata dengan baik dan dibangun dengan kualitas yang baik,” terangnya.

Kepala Balai P2P Sumatera I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Teuku Faisal Riza didampingi Kepala satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Aceh, Diaz Rossano menyatakan, pihaknya siap menggandeng sejumlah pengembang di Provinsi Aceh untuk melaksanakan pembangunan PSU rumah bersubsidi di sejumlah perumahan. Penyaluran PSU akan dilaksanakan di enam lokasi perumahan yakni di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan Kota Langsa.

“Tahun 2021 ini kami menargetkan sebanyak 400 unit rumah bersubsidi di Aceh akan mendapatkan bantuan PSU dari Kementerian PUPR. Total dana yang kami salurkan untuk pembangunan PSU di Aceh sebanyak Rp 2,8 miliar,” katanya.

Sebagai informasi, tujuan dari program bantuan PSU adalah untuk menstimulasi pembangunan rumah atau perumahan baru khususnya kalangan MBR oleh pelaku pembangunan atau pengembang. Program ini juga sekaligus untuk mendukung program pembangunan sejuta rumah per tahun yang dicanangkan sejak tahun 2015 lalu.

Berdasarkan data, penyaluran bantuan PSU di Provinsi Aceh akan dilaksanakan di sejumlah perumahan antara lain Perumahan Aiman Regency Kota Banda Aceh, Perumahan Hadrah Regency 10 dan Perumahan Baet Residence di Kabupaten Aceh Besar. Selanjutnya di Perumahan Griya Islamic Centre, Perumahan Villa Asri Darussalam dan Perumahan Griya Avina Residence 6 di Kota Langsa.

“Bantuan PSU yang diberikan antara lain jalan beton, paving block dan sanitasi. Dengan bantuan ini nantinya masyarakat bisa menikmati kawasan lingkungan yang lebih baik dan memiliki harga jual rumah bisa tetap terjangkau karena untuk PSU nya telah mendapatkan bantuan dari pemerintah,” harapnya. (BRN)

EnglishIndonesian