Lima Tips Rumah Sehat Saat Isoman

0
5
Ilustrasi Rumah Sehat (Foto: Istimewa)

Jakarta – Lingkungan bersih yang bebas dari penyakit menciptakan kehidupan yang sehat. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, kebersihan lingkungan menjadi hal yang penting. Lingkup terkecil, yakni rumah harus terus terjaga kebersihannya, apalagi bagi orang yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Menurut World Health Organization (WHO), isoman direkomendasikan untuk individu yang diyakini telah terpapar COVID-19, tetapi tidak bergejala. Isoman bertujuan membatasi pergerakan orang keluar dari tempat tinggalnya masing-masing. Upaya preventif ini biasanya dilakukan di rumah sendiri sehingga diharapkan penyebaran virus korona tidak semakin bertambah.

Nah, bagaimana menciptakan rumah sehat saat menjalani isoman? Berikut tips rumah sehat saat isoman yang dapat Sobat iPro terapkan di tempat tinggal sendiri.

  1. Perhatikan Sirkulasi Udara

Tempat isolasi mandiri tak perlu di rumah yang besar dan mewah. Rumah sederhana dan kecil pun layak dijadikan tempat isolasi mandiri asalkan memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

Oleh karena virus menyukai tempat yang lembab maka penting mengatur sirkulasi udara dan pencahayaan. Untuk itu, pastikan udara dan cahaya mudah masuk sempurna ke dalam rumah dengan memaksimalkan bukaan dalam tempat tinggal.

  1. Aplikasikan Sistem Cross Ventilation

Sering-seringlah membuka jendela dan kurangi penggunaan AC (air conditioner). Dengan membuka jendela maka penghawaan alami (passive colling) akan terjadi. Sistem ventilasi yang baik menjadi bagian penting dalam sistem passive colling di rumah.

Salah satu cara sistem ventilasi yang baik adalah dengan memperhatikan letak jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang efektif. Untuk itu, gunakan sistem ventilasi menyilang (cross ventilation), yaitu dengan memberi bukaan di dua sisi dinding yang saling berhadapan. Alhasil, udara dari luar dapat bebas masuk ke dalam rumah secara optimal.

Pergantian udara yang stabil dalam rumah akan membuang udara kotor dan tergantikan dengan udara bersih. Hasilnya, keberadaan oksigen dalam rumah akan melimpah.

  1. Jaga Kebersihan Setiap Sudut Rumah

Kebersihan setiap ruang di rumah menjadi hal yang tak dapat ditawar lagi saat menjalani isolasi mandiri. Selain sebagai upaya preventif, kebersihan rumah akan menciptakan lingkungan sehat bagi penghuninya.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan  memberikan atau menyemprotkan disinfektan pada bagian-bagian rumah, seperti gagang pintu, pagar rumah, saklar lampu, keran air, dan meja. Dengan langkah ini, rumah akan menjadi area isolasi yang sehat dan dapat menunjang produktivitas setiap anggota keluarga.

  1. Kamar Mandi Terpisah

Gunakan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya saat menjalani isoman di rumah. Namun jika hal ini tidak dapat dilakukan maka sebaiknya gunakan kamar mandi di urutan terakhir.

Kemudian setelah selesai menggunakan kamar mandi, selalu bersihkan kamar mandi dan mengelap setiap permukaan yang disentuh dengan cairan disinfektan. Yang perlu diperhatikan pula adalah jangan berbagi penggunaan peralatan mandi dengan anggota keluarga lain.

  1. Gunakan Peralatan Pribadi Sendiri

Saat isoman, penting untuk memakai perlatan pribadi seperti peralatan makan, peralatan mandi dan pakaian terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu, setelah digunakan, pisahkan peralatan makan bagi penderita dan cuci dengan sabun dan air hangat sebelum digunakan kembali. Hal yang sama juga dilakukan dalam membersihkan peralatan mandi dan pakaian. (ADH)

EnglishIndonesian