The Collaboratorium, Markas Baru IAP Jakarta

0
49
IAP Jakarta

Jakarta – Sekretariat Pengurus Daerah Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP) DKI Jakarta telah resmi pindah ke The Collaboratorium Gedung Graha Pena Jawa Pos Lantai 9 di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 12. Perpindahan ini resmi dilakukan sejak 12 Januari 2024.

“Perpindahan sekretariat ini dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi, juga untuk memenuhi kebutuhan anggota IAP untuk dapat saling berkolaborasi satu sama lain,” ujar Ketua IAP DKI Jakarta, Adhamaski Pangeran saat peresmian The Collaboratorium.

Sebelumnya kantor Sekretariat IAP DKI Jakarta berada di Ruko Apartemen Pancoran Riverside. Perpindahan kantor ini juga dilakukan dalam rangka mendekatkan kantor Sekretariat IAP dengan pusat kegiatan anggota-anggota IAP yang lebih banyak beraktivitas di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

“Dengan memiliki kantor yang lebih representatif sekarang aktivitas organisasi dan anggota IAP bisa lebih maju dan lebih banyak terjalin kolaborasi” kata Adhamaski. Terlebih, anggota IAP Jakarta berasal dari beragam pekerjaan yang terkait dengan tata ruang dan perencanaan kota, mulai dari aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian dan Pemerintah Provinsi, hingga konsultan, akademisi, analis, hingga para pegiat perkotaan lainnya sehingga kolaborasi antar anggota ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pembangunan Jakarta kedepannya.

Wadah Aspirasi

Adham menjelaskan bahwa organisasi yang telah berkiprah lebih dari 50 tahun ini perlu memiliki prasarana yang memadai agar dapat melancarkan segala kegiatan. Namun yang lebih terutama, menurutnya dengan memiliki sarana prasarana yang memadai, agar organisasi IAP bisa mewadahi aspirasi anggotanya.

Di saat yang sama, Wakil Ketua Pengurus Nasional IAP Indonesia, Dhani Muttaqin juga berharap kehadiran kantor baru ini akan menjadi sarana untuk meningkatkan soliditas organisasi IAP. “Kami berharap anggota IAP Jakarta semakin solid, tidak terpecah belah, apalagi saat ini kita tengah dalam situasi pemilu 2024,” ujar Dhani.

Sedangkan Sekjen Alumni Planologi ITB (API), Raka Whisnu Suryandaru menyebut kehadiran The Collaboratorium ini diharapkan dapat menguatkan jaringan antar pegiat perencanaan Kota dan bersinergi dengan stakeholder terkait. “Sesuai namanya The Collaboratorium, gabungan dari kata kolaborasi dan laboratorium, semoga ini menjadi wahana kolaborasi,” ujar Raka yang juga merupakan pimpinan perusahaan PT. Krida Karya Advisory, salah satu konsultan perencana yang kredibel di Jawa Tengah. (SAN)