Konsorsium Investor Spanyol Jajaki Investasi di IKN

0
288

JAKARTA – Konsorsium investor asal Spanyol tengah menjajaki langkah investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahkan konsorsium tersebut menyatakan rencana untuk berkunjung ke Indonesia usai Lebaran tahun ini untuk bertemu Pemerintah Indonesia dan Badan Otorita IKN. Kabar itu menjadi angin segar menyusul mundurnya Softbank sebagai investor utama megaproyek tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Bidang Hubungan Luar Negeri, Rusmin Lawin menyebutkan pihaknya sedang melakukan pembicaraan serius dengan konsorsium investor Spanyol yang tergabung dalam Madrid World Capital of Construction, Engineering and Architecture (MWCC) untuk mengembangkan smart city di IKN.

Dia mengaku sudah bertemu langsung dengan Presiden MWCC David Garcia Nunes, Director General of Regional Government of Madrid for the Project Madrid Nuevo Norte Jose Luis Moreno, serta Director of Smart Cities of Indra Corporation Alberto Bernal di Ecobox Albendas, Madrid, pekan lalu.

“Mereka cukup serius terhadap IKN, dan segera melakukan penjajakan ke Indonesia. Ini peluang bagi Indonesia menyusul mundurnya Softbank dari investasi di IKN,” kata Rusmin Lawin yang juga Ketua Komite Pengembangan Regional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tersebut, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/3/2022).

Menurut dia, Konsorsium MWCC saat ini sedang menggarap super proyek Madrid Nuevo Norte yang mengusung konsep The Smart City Innovation Lab (SCIL). Rusmin sudah melihat dan menyaksikan langsung pengembangan kawasan smart city tersebut saat berkunjung ke Madrid.

Proyek urban redevelopment ini adalah yang terbesar dalam sejarah Spanyol dengan membangun kota pintar di atas Stasiun Madrid. Luas bangunan yang dibangun mencapai 2,65 juta meter persegi yang akan menyerap 241.700 pekerja.

Ditambahkan Rusmin, proyek Madrid Nuevo Norte mengusung konsep SCIL yang sangat cocok dijadikan referensi dalam pembangunan smart city IKN dan program 100 Smart Cities yang dicanangkan Kementerian PPN/Bappenas.

Selain ke Eropa, Presiden FIABCI (Federasi Real Estate Dunia) terpilih Asia Pacific Region tersebut juga intens melakukan roadshow ke Timur Tengah untuk mencari investor swasta internasional yang siap berinvestasi di IKN.

Saat ini Rusmin Lawin sedang berada di Perancis untuk menghadiri acara konferensi dan pameran realestat terbesar dunia MIPIM Cannes yang berlangsung dari 14-18 Maret 2022. Berikutnya dia akan menghadiri International Property Show di Dubai yang digelar pada 20-28 Maret 2022.

Kiri ke kanan : Rusmin Lawin (REI/Kadin), Alfonso Vegara (Founder and Chairman of Fundacion Metropoli), David Garcia (President World Madrid Construction Engineering and Architecture/MWCC), Jose Luis Moreno (Dor General od Regional Goverment of Madrid City for Project Madrid Nuevo Norte) dan John R. Purba (KBRI Madrid)

Kunjungi Indonesia

Lebih lanjut dia menyebutkan, rombongan konsorsium investor Spanyol yang tergabung dalam MWCC tersebut akan segera berkunjung ke Jakarta pada Juni 2022 untuk membicarakan lebih detail skema investasi di IKN dengan Kementerian PPN/Bappenas, Badan Otorita IKN dan Kadin/REI.

MWCC adalah asosiasi perusahaan di Spanyol yang bergerak di bidang pengembangan properti, kontraktor, enjinering dan arsitektur yang mengusung konsep pembangunan smart city dan urban solutions termasuk sustainable and green developments.

Dijelaskan, akan ada tiga aspek positif dari kehadiran konsorsium Spanyol tersebut di IKN nantinya yakni transfer of technology, transfer of knowledge and experience and transfer of capital. (MRI)