Tingkatkan SDM, PLN Gandeng 5 Universitas Top Dunia

PT PLN (Persero) berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) perusahaan sebagai modal utama dalam menempuh transisi energi.
0
336

Jakarta – PT PLN (Persero) berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) perusahaan sebagai modal utama dalam menempuh transisi energi di Indonesia. Salah satunya melalui kerja sama program capacity building dengan kampus terbaik dan industri energi terkemuka di Australia dan New Zealand.

“Kami berharap melalui kerja sama ini kompetensi pegawai dan IT PLN meningkat secara signifikan sebagai penggerak kesuksesan perusahan dalam mengakselerasi transisi energi di Indonesia,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dalam keterangan pers, Selasa, 14 November 2023.

BUMN Listrik tersebut telah menandatangani lima nota kesepahaman (MoU)  dengan lima universitas terbaik dunia asal Australia dan New Zealand saat kunjungan ke Sydney, Melbourne dan Auckland pada Oktober lalu. Kerja sama tersebut merupakan rangkaian akselerasi capacity building pegawai pada agenda transisi energi.

Kelima universitas terbaik dunia itu adalah University of New South Wales (UNSW), University Of Melbourne, Monash University, Queensland University dan University Of Auckland.

Menurut Darmawan, kerja sama dengan universitas top 50 peringkat dunia tersebut merupakan langkah percepatan peningkatan kompetensi pegawai dalam agenda transisi energi. Agenda kerja sama itu sekaligus membuka akses kerja sama Institut Teknologi PLN (IT PLN) untuk bertransformasi menuju the Best ASEAN Energy University.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto merinci, tahun ini PLN telah mengirimkan 101 pegawai untuk bersekolah S2/S3 di benua Australia. Termasuk empat pegawai di University Of Auckland yang spesifik mendalami keilmuan Geothermal.

“Ini membuktikan bahwa PLN merupakan perusahaan yang sangat mengutamakan pengembangan human capital sebagai penggerak kesuksesan perusahaan secara sustainable dan menuju Top 500 Global Company,” tutur Didi.

Halaman Selanjutnya
1 2