Joko Widodo Apresiasi Partisipasi REI dalam Gerakan Tanam Pohon

Presiden Joko Widodo mengapresiasi partisipasi aktif Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) dalam gerakan tanam pohon.
0
388

Jakarta – Presiden Joko Widodo mengapresiasi partisipasi aktif Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) dalam gerakan tanam pohon. Kepala Negara berharap kegiatan tersebut dapat mengantisipasi dampak perubahan iklim dan pemanasan global.

“Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi sejumlah perusahaan. Dari asosiasi ada REI dan APHI (Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia). Kita ingin ini jadi gerakan bersama,” tukas Presiden Joko Widodo dalam Kick Off Gerakan Tanam Pohon Bersama di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, 29 November 2023.

Presiden mengajak seluruh masyarakat menanam pohon. Hal ini sekaligus sebagai upaya mengatasi dampak polusi udara yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Di Provinsi DKI Jakarta terdapat 900 titik lokasi penanaman pohon.

“Kegiatan penanaman pohon tidak hanya hari ini saja, tapi dilakukan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia. Agenda ini juga menjadi upaya nyata untuk mengantisipasi dampak polusi udara yang sudah sangat terasa terjadi dan kita rasakan semua,” beber Joko Widodo.

Ditemui secara terpisah, Ketua Umum REI Joko Suranto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam program penanaman sejuta pohon. “REI sangat concern dalam upaya penanaman sejuta pohon. Komitmen kami juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menyediakan bibit pohon,” tuturnya.

REI Tanam Sejuta Pohon

Joko Suranto menjelaskan, pihaknya juga sudah melaporkan kepada Presiden RI mengenai rencana penanaman sejuta pohon di lokasi perumahan yang dikembangkan anggota REI di seluruh Indonesia. “Kepala Negara sangat mendukung rencana tersebut dan menyatakan kesediaannya untuk hadir,” ucap Joko Suranto.

Kementerian LHK, imbuh Joko Suranto, saat ini memiliki 12 lokasi pembibitan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak delapan lokasi pembibitan dari 12 lokasi itu berskala sangat besar dengan kapasitas produksi hingga 60 juta batang pohon per tahun.

“Jumlah anggota REI sebanyak 6.800 perusahaan, dan rata-rata setiap anggota punya dua atau tiga lokasi perumahan. Kami yakin penanaman sejuta pohon bisa rampung dalam satu tahun ke depan jika seluruh anggota REI ikut berpartisipasi di semua lokasi proyek perumahannya. Itu bentuk kontribusi REI kepada negeri demi menghadirkan udara yang lebih bersih,” ucapnya.

Kepala Negara melanjutkan, memasuki musim penghujan menjadi momentum tepat untuk melakukan penanaman pohon secara masif. “Kemarin tidak kita lakukan karena memang masih musim kemarau. Sekarang sudah masuk musim hujan. Desember dan seterusnya akan kita lakukan terus-menerus di seluruh provinsi, tidak hanya di Jabodetabek,” ujarnya.

Memasuki musim penghujan, Presiden Jokowi juga mengingatkan jajaran pemerintah baik di pusat maupun daerah, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk mewaspadai potensi bencana banjir.

“Semuanya waspada. BNPB di pusat maupun daerah agar waspada. Selain itu, saya sekali lagi mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon jenis apapun di lingkungan rumah masing-masing,” pungkasnya. (BRN)