PLN Tanam 283 Ribu Pohon di Tahun 2023

PT PLN (Persero) telah menanam sebanyak 283.739 pohon di areal seluas 141,45 hektare sepanjang tahun 2023 kemarin.
0
88

Jakarta – PT PLN (Persero) telah menanam sebanyak 283.739 pohon di areal seluas 141,45 hektare sepanjang tahun 2023 kemarin. Kegiatan tersebut merupakan kontribusi perseroan dalam upaya pelestarian lingkungan sekaligus bagian dari program prioritas tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perseroan.

“Melalui program penanaman pohon ini, harapannya dapat memberi manfaat yang baik terutama untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Dapat mengurangi pencemaran udara dan membuat lingkungan menjadi semakin sehat,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dalam keterangan pers, Selasa, 16 Januari 2024.

Pada Maret 2023, PLN bersama Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan kawasan ekonomi hijau di Gunung Kidul. Di wilayah tersebut, PLN melakukan penanaman bibit pohon energi di kawasan seluas 30 ribu hektare. Sebanyak 50 ribu bibit pohon yang ditanam yaitu pohon kaliandra, gamal dan tarum.

di bulan yang sama, PLN bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan restorasi kawasan pesisir Pantura untuk mencegah abrasi pantai dan banjir rob. Melalui program ini, PLN melakukan restorasi hutan mangrove melalui penanaman 100 ribu bakau, khususnya di Pasar Banggi Rembang yang terdampak perubahan iklim.

Pada Juni 2023, sebanyak 7.875 pegawai PLN secara serentak melaksanakan program konservasi sungai dan pantai pada 60 titik di 28 provinsi se-Indonesia. Aksi bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini berhasil melakukan penanaman 36.211 pohon.

Zero Emisi

Pada Oktober 2023, PLN bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan aksi gotong royong menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam 70 ribu pohon serentak melalui gerakan “Satu Orang Satu Pohon”.

Darmawan menambahkan, untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060, PLN telah menyiapkan beragam program perlindungan, pelestarian, dan pemulihan. Adapun fokus utamanya adalah menjaga keseimbangan ekosistem yang terdampak perubahan iklim untuk meningkatkan kualitas hidup generasi yang akan datang.

“Bumi kian memanas dan emisi karbon terus meningkat. Jika kita tidak berbuat sesuatu maka di tahun 2060, emisi dapat mencapai lebih dari 1 miliar ton CO2 per tahun. Untuk itu, PLN terus mendorong berbagai aksi dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, salah satunya melalui penanaman pohon,” kata Darmawan. (BRN)