ads-image

Industri Pariwisata Pulih, Ekonomi Kota Batu Kembali Bangkit

Perekonomian Kota Batu, Jawa Timur tahun 2022 diprediksi mencapai 5 persen. Awal pandemi, ekonomi kota ini terjun bebas minus 10 persen.
0
23

Batu – Pertumbuhan ekonomi di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur tahun 2022 diprediksi mencapai 5 persen. Pada awal pandemi Covid-19, ekonomi kota ini sempat terjun bebas hingga minus 10 persen. Pulihnya ekonomi di Kota Batu karena aktivitas wisata dan bisnis MICE  yang kembali normal.

“Setelah sempat terpuruk, mulai tahun ini perekonomian kita kembali bangkit. Semester I tahun 2022 ekonomi Kota Batu bertumbuh sebesar 4,04 persen. Sedangkan pada semester ini tumbuh hampir 5 persen,” ucap Walikota Batu Dewanti Rumpoko, dalam sambutan Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Jawa Timur, di Batu, Rabu, 28 September 2022.

Dewanti menyebut, pulihnya ekonomi di daerahnya karena aktivitas MICE (meeting, incentiv, convention, exhebition) di Kota Batu kembali tumbuh setelah sempat vakum akibat pandemi.

“Kembali pulihnya perekonomian daerah ini berkat dukungan asosiasi seperti REI yang memilih Kota Batu sebagai venue acara. Saat pandemi, kita terpaksa menutup tempat wisata dan restoran dilarang beroperasi sehingga ekonomi Kota Batu sempat terpuruk hingga minus 10 persen,” tukasnya.

Lebih jauh Dewanti menyebut, angka pengangguran di Kota Batu melonjak menjadi 6 persen. Padahal, sebelumnya angka pengangguran di wilayah ini tidak sampai 3 persen. “Tapi yang kita syukuri angka kemiskinan tidak naik. Dari sebelumnya 3,89, sekarang hampir 4 persen,” bebernya.

Kemudahan Perizinan

Terkait masalah perizinan, Walikota Batu menyampaikan, pihaknya siap memfasilitasi dan mendukung pengajuan perizinan berusaha yang ada di wilayahnya. Termasuk perizinan berusaha bagi sektor perumahan.

“Saya familiar dengan REI  sejak lama, terutama saat mendampingi bapak,” ucap istri Walikota Batu periode 2007 – 2017, Eddy Rumpoko.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) REI Paulus Totok Lusida mengakui, urusan perizinan berusaha di Kota Batu memang sudah baik. “Pengurusan perizinan di Kota Batu sudah sangat lancar, efektif dan efisien,” tuturnya.

“Apresiasi kelancaran pengurusan perizinan untuk Pemerintah Kota Batu. Semoga terus berlanjut di masa mendatang sehingga bisa menjadi contoh untuk daerah lain di Jawa Timur maupun nasional,” kata Totok yang hadir secara daring. (BRN)