Masih Gratis, Tol Indralaya-Prabumulih Resmi Beroperasi

PT Hutama Karya (Persero) telah mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 Km, Rabu, 30 Agustus 2023.
0
264

Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) telah mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 Km, Rabu, 30 Agustus 2023 mulai pukul 08.00 WIB. Operasionalisasi ini menyusul terbitnya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 7 Juli 2023 lalu.

“Jalan tol ini sudah siap beroperasi. Kami telah menguji pengoperasian jalan tol ini secara fungsional pada saat momen Lebaran 2023 kemarin. Saat itu, tol tersebut telah melayani lebih dari 83 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan,” ucap Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, dalam keterangan persnya, Rabu, 30 Agustus 2023.

Pengoperasian ruas tol tersebut sesuai Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor: 872/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih.

Perseroan masih melakukan sosialisasi pengoperasian tol tanpa tarif atau belum berbayar serta penggunaan kartu uang elektronik. Hal ini karena pengguna jalan tol yang melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik. “Melihat antusiasme yang cukup besar, kami berharap trafik di ruas tol ini cukup besar,” kata Tjahjo.

“Nantinya untuk estimasi tarif yang berlaku sekitar 1338/km-nya. Tapi, untuk detail lebih lengkap akan kami infokan setelah Kepmen PUPR tentang tarif jalan tol ini terbit,” tandasnya.

Dari sisi fasilitas, ruas tol ini telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol. Salah satunya adalah dengan tersedianya dua rest area yang berada di Km 65 Jalur A dan B.

Perseroan mengimbau para pengendara yang akan melintas untuk selalu mematuhi tata tertib dan rambu lalu lintas yang berlaku. Perusahaan juga meminta pengendara untuk mematuhi batas kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang persyaratan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. (BRN)