62 Proyek dan Tokoh Properti Raih IPBA dan IMHA 2022

Pertama kali dalam sejarah Indonesia Property&Bank Award (IPBA) dan Indonesia myHome Award (IMHA) digelar bersamaan.
0
258
IPBA

JAKARTA – Majalah Property&Bank dan Majalah MyHome yang merupakan bagian dari Jurnalis Media Network, menggelar ajang penghargaan Duo Award, yakni Indonesia Property&Bank Award (IPBA)-XVI dan Indonesia myHome Award-V, Kamis (24/2). Acara tersebut berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

Sejumlah pejabat pemerintahan, pelaku industri properti, perbankan, bahan bangunan dan sektor lainnya tampak hadir di Duo Award tersebut.

Diantaranya Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Herry Trisaputra Zuna yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Menteri Negara Perumahan Rakyat periode 1988-1993 Siswono Yudo Husodo. Tampak pula hadir Wakil Ketua Umum Koordinator DPP Realestat Indonesia (REI) Hari Ganie.

Sementara itu, para pejabat tinggi negara antara lain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti memberikan kata sambutan dalam bentuk rekaman video. Demikian halnya dengan Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasamita. Sambutan juga diberikan Menteri Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

CEO Jurnalis Media Network dan Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank, Ir. Indra Utama, M.Pwk, mengatakan pertama kali dalam sejarah Indonesia Property&Bank Award (IPBA) dan Indonesia myHome Award (IMHA) digelar bersamaan.

Hal ini sebagai bentuk kontribusi Jurnalis Media Netwotk dalam menyongsong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan mendukung kebangkitan industri properti.

“Pelaksanaan penghargaan tahun ini sengaja kami gabungkan IPBA dan IMHA dalam satu event guna memberikan atmosfir yang berbeda kepada stakeholder,” ujar Indra dalam keterangan persnya, Jumat (25/2/2022).

Menurutnya, redaksi telah melakukan seleksi sejak setahun lalu dalam bentuk tinjauan dan liputan ke lapangan sebagai bentuk penjaringan nominasi. Selanjutnya, sambung Indra, analisa dari setiap tinjauan dan liputan ke proyek dalam bentuk pemberitaan di media jaringan Jurnalis Media Network.

Top 100

Khusus penerima penghargaan Indonesia Property&Bank Award XVI ini, kata dia, sebelumnya telah masuk dalam liputan edisi khusus Top 100 di Tengah Pandemi Majalah Property&Bank, serta 50 Hunian Pilihan Majalah Myhome.

Ketua LSP Area Indonesia itu menambahkan, setelah  melakukan seleksi dan penyaringan, setiap nominasi dibawa ke panel juri. Ini untuk penguatan dalam menentukan para penerima penghargaan.

Sedangkan khusus untuk menentukan siapa sosok Menteri yang layak menerima penghargaan, Majalah Property&Bank telah melakukan survei kepada para pengusaha properti yang akhirnya menghasilkan tiga Menteri sebagai penerima penghargaan pada IPBA ke XVI tahun 2022.

Dewan juri untuk Indonesia Property&Bank Award ke XVI dan Indonesia MyHome Award ke V tahun 2022 antara lain, Prof. DR. Ir. Roy Sembel, Irwan Wipranata, Tommy Zu dan Djoko Joewono serta dibantu oleh tim Redaksi dan Litbang Majalah Property&Bank dan Majalah MyHome.

Pihaknya juga memberikan penghargaan kepada pengusaha properti muda yang melakukan inovasi terbaru terkait pemasaran.

“Kami juga turut mendorong munculnya para entreprenuer muda di industri properti. Terutama yang memiliki konsep desain, serta memanfaatkan teknologi terkini dalam pemasaran properti,” ujar Indra.

Lembaga Riset

Guna mendukung pelaku usaha terkait riset pemasaran, Jurnalis Media Network juga telah mendirikan lembaga riset Indonesia Property&Bank Indikator atau IPBI, yang didukung sejumlah periset dan analis pasar berpengalaman. Hal ini, tegas Indra, sebagai bentuk komitmen dan kontribusi dalam mendukung industri properti, keuangan dan material building.

Rangkaian kegiatan pelaksanaan Duo Award bermula sejak 22 Februari 2022 lalu. Rangkaian acara berlangsung dengan menggelar diskusi panel, outlook properti dan keuangan 2022 dengan tema yang sama. Webinar ini berlangsung sehari yang terbagi dalam tiga sesi, yakni properti, perbankan dan industri pendukung. Sebanyak 300 peserta mengikuti diskusi panel ini  yang menampilkan para pembicara dan panelis terkemuka.

Sementara terkait penerima penghargaan di Indonesia MyHome Award ke V tahun 2022, Pemimpin Redaksi Majalah MyHome Arini Yunita mengatakan, sesuai konsep majalah MyHome, pemberian penghargaan lebih berdasarkan pada penilaian yang terkait dengan desain.

Beberapa faktor yang mendapat penilaian adalah keunikan, kreativitas dan inovasi. Terutama respon terhadap dan kesesuaian dengan situasi seperti saat ini. Situasi ini telah mengubah pola dan gaya hidup pengguna atau penghuni properti.

“Sebagai salah satu wujud perayaan di tahun kelima penyelenggaraan, kami pun ingin memberi apresiasi kepada industri lain, pendukung industri properti. Pada IMHA V ini kami berikan pada perbankan,” jelas Arini Yunita.

Pemberian IMHA ini, sambung dia, harapannya akan menjadi pemacu dan pendorong agar para pelaku industri properti dan pendukungnya, lebih kreatif dalam menghasilkan karya dan produknya. (MRI)