Lima Tips Ciptakan Rumah Ramah Lansia

Rumah nyaman bagi orangtua yang telah memasuki lanjut usia (lansia) perlu menyiapkan beberapa hal, mulai dari desain rumah hingga penataan interior.
0
10
Ilustrasi Kebutuhan Lansia (Foto: Dok Rukun Senior Living)

Jakarta – Membahagiakan kedua orangtua merupakan kewajiban bagi setiap anak. Salah satu caranya adalah dengan memberikan hunian yang nyaman dan aman, terlebih bagi orangtua yang telah memasuki usia senja.

Rumah nyaman bagi orangtua yang telah memasuki lanjut usia (lansia) perlu menyiapkan beberapa hal. Mulai dari desain rumah hingga penataan interior perlu mendapat perhatian ekstra agar tercipta kenyamanan, keamanan, dan aksesibilitas.

Nah, hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh Sahabat Ipro dalam menciptakan rumah ramah lansia yang nyaman, namun tidak mengurangi nilai estetika? Yuk, simak lima tips berikut.

 

  1. Hindari Penggunaan Lantai Licin

Berjalan di lantai yang licin sangat berbahaya, apalagi bagi orangtua yang sudah lansia. Untuk menghindarinya, kita bisa melapisi lantai dengan karpet atau tikar anti slip. Penggunaan lantai kayu juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi lantai licin.

Ketinggian lantai antara satu ruangan dengan ruangan lainnya juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, tidak ada perbedaan ketinggian agar tidak tergelincir. Selain itu, penambahan pegangan di dinding akan makin memudahkan mereka berjalan menyusuri sudut rumah.

 

  1. Tangga yang Kokoh dan Aman

Pegangan tangan pada tangga menjadi suatu keharusan untuk menjaga keamanan penghuni rumah, termasuk pula untuk lansia. Untuk itu, sematkan pegangan yang kokoh di kedua sisi kanan dan kiri tangga. Penerangan di sekitar tangga juga harus terjaga baik di sisi atas maupun sisi bawah.

Selain itu, alas pada tangga harus dipastikan tidak licin agar orangtua tidak terpeleset atau terjatuh. Ada baiknya, orangtua tidak ditempatkan di ruangan lantai 2. Namun, jika memungkinkan dan memiliki uang lebih, penempatan lift sederhana di sisi tangga bisa menjadi pilihan untuk membantunya.

 

  1. Ruangan Luas

Bagi lansia yang menggunakan kursi roda, ruangan yang sempit akan menyulitkan aktivitas mereka. Lansia yang menggunakan alat bantu jalan, seperti tongkat juga membutuhkan ruangan yang luas.

Pastikanlah ruangan tidak menyulitkan untuk mereka yang berkursi roda untuk berputar. Selain itu, perbanyaklah memasang pegangan di setiap ruangan yang sering dilewati, termasuk di kamar mandi. Bahan pegangan bisa dari material, seperti besi, plastik atau kayu. Penempatan pegangan sebaiknya di tinggi sekitar 70-80 cm.

Pemilihan furnitur juga penting. Pilihlah meja dan tempat duduk yang membuat nyaman lansia. Misalnya, gunakan sofa atau kursi yang ketinggiannya pas, dalam artian tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Hal yang sama juga dilakukan dalam pemilihan meja yang memudahkan lansia memakainya.

 

  1. Kamar Mandi yang Nyaman

Lokasi kamar mandi sebaiknya dekat dengan ruang tidur dan juga ruang keluarga.  Ruang kamar mandi didesain sedikit lebih luas dengan pintu masuk yang memudahkan mereka untuk membuka dan menutupnya. Salah satu alternatif adalah dengan menggunakan pintu geser.

Lantai yang digunakan pastikan tidak licin dan tambahkan pegangan pada area yang diperlukan agar tidak terjatuh. Sedangkan toilet duduk bisa menjadi pilihan untuk memudahkan lansia saat buang air.

 

  1. Siapkan Area Terbuka

Area terbuka di luar rumah juga bermanfaat bagi lansia. Maka dari itu jika ada lahan kosong, sebaiknya buatlah taman yang asri disertai kolam ikan dengan tempat duduk yang nyaman. Dengan begitu, lansia dapat menikmati suasana alam luar dengan menghirup udara segar. (ADH)

EnglishIndonesian