Selamat! Emil Dardak Terpilih sebagai World President EAROPH

Emil Dardak, demikian ia akrab sapa, menggantikan World Presiden EAROPH sebelumnya, Dr. Yolanda Reyes dari Filipina.
0
1
EAROPH

Jakarta – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak terpilih menjadi World President EAROPH periode 2022 – 2024. Emil Dardak, demikian ia akrab sapa, menggantikan World Presiden EAROPH sebelumnya, Dr. Yolanda Reyes dari Filipina.

“Program strategis EAROPH saat ini adalah bagaimana berkontribusi dalam merencanakan dan membangun masa depan perkotaan utk mempercepat kebangkitan pasca pandemi dan membangun permukiman yang resilience dan sustainable,” jelas Emil Dardak di Surabaya, 6 Oktober 2022.

Pemilihan World President EAROPH berlangsung dalam acara Council Meeting EAROPH pada rangkaian World Congress EAROPH. Acara tersebut berlangsung di Hotel Shangrilla, Surabaya pada 5-7 Oktober 2022.

Terpilihnya Jawa Timur sebagai tuan rumah menjadi hal penting untuk menunjukkan Jawa Timur memiliki banyak praktisi. Selain itu, banyak pula lembaga termasuk pelaku usaha dan akademisi yang memiliki kapasitas global dalam bidang ilmu multidisiplin.

Tema World Congress 

Tahun ini, World Congress EAROPH mengusung tema ‘Masa Depan Permukiman : Mempercepat Pemulihan dan Mengantar ke Era Baru Urbanisasi Berkelanjutan Pasca-Covid 19′.

Tema utama Kongres yang diambil adalah dampak perubahan populasi terkait dengan pengelolaan iklim dan isu-isu terkait yang sedang diperdebatkan di tingkat internasional termasuk perencanaan infrastruktur, ketahanan air, energi terbarukan, dan pariwisata berkelanjutan.

Konferensi ini juga bertujuan untuk menyatukan tema-tema ini untuk memperdebatkan dampaknya terhadap lingkar Asia Pasifik.

EAROPH turut bermitra dengan United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific.  Organisasi ini menaungi para kepala daerah dan asosiasi pemerintah daerah di wilayah Asia Pasifik. UCLG Asia Pasifik akan menyelenggarakan diskusi ASEAN Mayor’s Forum (AMF) sebagai bagian dan rangkaian kegiatan ini. Diskusi tersebut menghadirkan para kepala daerah dari negara-negara ASEAN di Asia Tenggara.

Kongres ini terdiri dari subtema dengan pembahasan antara lain Kota Masa Depan dan Program Perencanaan Pasca Covid-19. Selanjutnya, Integrasi Mitigasi Risiko Bencana dalam Perencanaan Wilayah dan Kota. Terakhir, Inisiatif Percepatan Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 : Perspektif Permukiman Manusia dan Aspek Keberlanjutan dalam Urbanisasi dan Pemukiman.

Sebagai informasi, EAROPH merupakan organisasi internasional yang didirikan pada 1956 yang menaungi pakar serta praktisi bidang perencanaan dan permukiman di wilayah Asia dan Australasia. (SAN)

EnglishIndonesian