Lestarikan Budaya Lokal, CSG Bangun Balai Budaya di Kota Serang

0
35

SERANG – Pengembang nasional, Citra Swarna Group (CSG), berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kearifan budaya lokal di setiap proyek yang dikembangkan. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan balai budaya di kawasan hunian terintegrasi Citra Swarna Tembong City di Kota Serang, Banten, pada Rabu, 26 Juni 2024.

GM Marketing CSG, Ario Danu menjelaskan pembangunan balai budaya tersebut merupakan usaha kolaboratif antara Citra Swarna Tembong City dengan Dinas Kebudayaan Kota Serang guna menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara, khususnya di Kota Serang.

Diketahui, saat ini selain melakukan revitalisasi menuju kota maju dan modern, Pemerintah Kota Serang juga tengah berupaya mengembalikan tatanan sosial dan budaya masyarakat melalui pelestarian dan pengembangan kearifan lokal di seluruh wilayah Kota Serang.

“Kehadiran Taman Budaya yang diawali pembangunan balai budaya di kawasan Citra Swarna Tembong City merupakan tonggak bersejarah bagi kami dalam mewujudkan komitmen perseroan terhadap pelestarian dan pengayaan budaya setempat pada di proyek yang dibangun,” papar Ario Danu kepada wartawan usai peresmian balai budaya tersebut.

Citra Swarna Tembong City adalah Kawasan hunian dengan konsep terbaik di Kota Serang dengan luas lahan sekitar 110 hektar. Citra Swarna Tembong City dirancang dengan pendekatan arsitektur yang mengadaptasi alam dengan manusia.

Menurutnya, wilayah Serang sebagai Kota Madani memiliki ciri masyarakat modern, multikultur, dan religius. Untuk menjaga ciri khas tersebut, CSG mendukung langkah Pemerintah Kota Serang dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya nasional di daerah tersebut.

“Melalui pembangunan balai budaya dalam kawasan hunian tapak ini, merupakan langkah penting untuk memperkuat warisan kekayaan tradisi-tradisi di wilayah Serang, Banten,” imbuhnya.

Nantinya, sambung Ario Danu, balai budaya ini diharapkan menjadi pusat perhatian bagi ekspresi artistik, inisiatif pendidikan, dan keterlibatan komunitas, serta menjadi tempat dimana berbagai pengalaman beragam budaya bertemu. Inisiatif ini terinspirasi guna memenuhi kebutuhan dan kualitas hidup masyarakat dalam hal pariwisata.

Wawasan Budaya

Balai budaya akan didedikasikan untuk menjaga, merawat, dan mempromosikan budaya kepada generasi mendatang agar lebih mengenal serta akhirnya terpanggil untuk melestarikan budaya lokal Kota Serang. Sesuai rencana, balai budaya ini akan berfungsi sebagai platform dinamis untuk berbagai kegiatan budaya, termasuk pertunjukan, pameran, lokakarya, dan program interaktif.

“Ini tidak hanya akan memberikan ruang bagi seniman dan praktisi budaya untuk memamerkan bakat mereka, tetapi juga berfungsi sebagai sumber daya pendidikan bagi penduduk dan pengunjung, menawarkan wawasan tentang kisah budaya yang beragam di wilayah kami,” ujar Danu.

Pembangunan balai budaya ini, kata Ario Danu juga melambangkan dedikasi Citra Swarna Tembong City yang untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Serang. Karena itu, CSG sangat senang dapat berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Kota Serang.

“Semoga Balai Budaya ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan menjadi pusat pariwisata di kota Serang,” pungkasnya. (MRI)